Definisi Seni Dan Budaya Seni dan budaya memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan satu dengan lainnya...

DEFINISI SENI DAN BUDAYA




Hasil gambar untuk budaya indonesia


Definisi Seni Dan Budaya
Seni dan budaya memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan karena saling berkaitan satu dengan lainnya. Karena disetiap karya seni ada kebudayaan yang khas dan pada setiap kebudayaan mengandung nilai seni yang indah. Seni budaya terdiri dari dua kata yaitu seni dan budaya, yang keduanya memiliki pengertian masing-masing yang perlu kita pahami. Pengertian seni dan budaya yaitu seni yang berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti pemujaan, pelayanan atau persembahan. Sehingga selalu dihubungkan dengan sebuah upacara keagamaan yang dikenal degan kesenian. Jadi bisa disimpulkan seni itu merupakan kemampuan bakat yang dimiliki sejak lahir buah dari kejeniusan. Kata budaya berasal dari bahasa sansekerta yaitu buddayah yang memiliki arti sesuatu terkait dengan budi dan akal manusia.
Dalam bahasa inggris budaya disebut culture berasal dari bahasa latin colore, memiliki arti mengolah dan mengerjakan. Jadi bisa disimpulkan budaya adalah hasil olahan atau pekerjaan budi dan akal manusia. Seni budaya jika diartikan dari asal frasa katanya maka memiliki pegertian merupakan setiap karya seni yang dibuat secara sengaja. Pembuatanya berlandaskan kepada akal atau budi yang dimiliki sekelompok masyarakat yang kemudian turun menurun dari generasi ke generasi. Kesenian selalu dikaitkan dengan kebudayaan yang telah berkembang secara berangsur-angsur dalam kehidupan sosio kultural. Sebagai bagian dari wujud budaya, maka tidak heran eksistensi keduanya saling melengkapi satu sama lain.
Kesenian disebut sebagai sarana yang dapat dijadikan media yang dapat diekspresikan rasa keindahan yang berasal dari jiwa manusia. Kesenian dapat digunakan untuk melanggengkan norma dan adat istiadat suatu masyarakat agar tidak lekang dimakan jaman. Maka tidak heran selain merujuk pada sisi estetika, kesenian menjadi simbol terhadap budaya suatu tempat. Seperti halnya berbicara mengenai Tari Kecak yang erat kaitannya dengan unsur budaya Bali. Tarian yang diiringi dengan riasan dan busana meunjukan identitas budaya yang syarat akan makna. Kesenian tidak lagi berbicara mengenai pola komunikasi secara lisan  atau sebalikya tetapi mencakup segala hal yang meliputinya seni atau Art tentu dikenal oleh semua orang. Bahkan bagi anda yang tidak berkecimpung dalam dunia seni kesenian, bisa saja anda pernah melakukan kesenian. Karena pada hakikatnya seni berbicara mengenai rasa. Seperti kajian ilmu di Eropa yang megartikan bahwa Art atau Artvisial adalah barang atau karya dari sebuah kegiatan.
Seni dapat kita rasakan atas unsur keindahan yang terkandug didalamnya seperti pegertian kesenian berbicara mengenai pengertian kesenian kita tidak haya membahas mengenai musik atau tari saja tetapi melihat unsur lain yag tersembunyi dibalik sebuah kemampuan fikir yang dibarengi dengan kemapuan fisik manusia. Seperti halnya yang disebut oleh sebagian besar seniman. Menurut seniman, kesenian merupakan hasil dari unsur budaya manusia. Budaya manusia tersebut tidak lain adalah rasa. Kesenian adalah salah satu unsur kebudayaan yang dapat berupa gerak, suara ataupun wujud. Kesenian ini mempunyai suatu penekanan yaitu adanya unsur estetika yang dipentingkan dalam setiap produk kebudayaan.
Namun kesenian dapat dengan mudah mengalami perubahan perubahan karena adanya tuntutan kebutuhan dari masing masing individu dalam masyarakat yang mempuyai orientasi tertentu terhadap seni itu sendiri. Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan dikenal 2 tipe kesenian yaitu keseian yang bersifat fleksibel ( berubah ubah ) dan kesenian yang bersifst normatif (tetap). Pada dasarnya seni memiliki fungsi hiburan dan fungsi ritual. Seni yag berupa hiburan cenderung fleksibel. Sementara seni yang berupa ritual cenderung tetap. Seni juga dapat memahami bahwa seni dan unsur budaya memiliki dampak yang lebih luas dan lebih terukur terhadap ekonomi, kesehatan dan kesejahteraan kita, masyarakat dan pendidikan.
Ada beberapa pendapat tentang definisi seni dan budaya menurut para ahli nasional kita, yaitu :
Sartono Kartodirjo
Seorang sejarawan Indoesia yang dikenal sebagai pelopor dalam penulisan sejarah dengan pendekatan multidimensi. Beliau berpendapat bahwa seni budaya merupakan sistem yang koheren, yang dapat digunakan untuk menjalankan komunikasi efektif melalui suatu bagian seni yang bisa menunjukan keseluruhan maksudnya.
Ida Bagus Putu Perwita
Seorang tokoh seni yang berasal dari pulau dewata atau Bali mengemukakan bahwa seni budaya adalah penunjang sarana pelaksanaan aktivitas dan upacara adat.
M. Thoyibi
Seorang filsuf yang cukup berpengaruh di Indonesia. Beliau berpendapat bahwa seni budaya yaitu penjelmaan rasa seni yang telah membudaya, yang termasuk dalam aspek kebudayaan dan dapat dirasakan serta diresapi oleh banyak orang dalam rentang perjalanan sejarah peradaban manusia.
Seni dan budaya harus kita lestarikan, sebagai anak muda seharusnya kita lebih berwawasan dan membuat gagasan baru tentang seni dan budaya yang ada di Indonesia, karena selain kita tidak ada lagi yang bisa mewarisi budaya budaya tersebut dan memag sudah seharusnya generasi muda Indonesia yang mengambil alih tentang seni dan budaya di Indonesia negara tercinta kita ini.

0 coment: