PROFIL SANGGAR KLAPA JAJAR    Melestarikan kebudayaan sendiri menjadi sal...

PROFIL SANGGAR KLAPA JAJAR

PROFIL SANGGAR KLAPA JAJAR


  


Melestarikan kebudayaan sendiri menjadi salah satu kewajiban kita, salah satunya adalah melestarikan seni tari tradisional. Seperti yang dilakukan sanggar seni klapa jajar, bertempat di kampung kanoman utara rt 02 rw 10 no.21 yang dipimpin oleh Mamat Nurrachmat.

   Pemimpin sanggar yang kerap disapa Cah Mamat ini, telah berhasil meneruskan dan memperkenalkan sanggar kepada masyarakat sampai sekarang sanggar seni klapa jajar dibangun oleh ayahnya yang bernama P.Agus Djoni Arka Ningrat pada tahun 1970 Nama sanggar tersebut diambil dari nama Gang rumahnya yaitu Klapa Jajar.

   Di Sanggar nya berbagai jenis tari di ajarkan seperti tari putri, tari bedaya, tari rimbe, tari sintren, tari topeng, titirasa, dan lainnya. Tidak hanya itu saja di sanggar tersebut anak anak di ajarkan pula bermain alat alat musik sebagai pemiring tarian yang di namakan seni karawitan. Untuk latihan biasanya di jadwalkan setiap hari jam 15.00-17.30 WIB, kecuali hari kamis. Karena pada hari itu biasanya Sanggar Seni Klapa Jajar mengadakan yasinan bersama.

   Harapan Cah Mamat kedepannya, ia ingin menjadikan sanggar nya sebagai kampung seni,yang di dalam nya di isi dengan beragam seni khas cirebon, seperti seni tari, seni musik, seni lukis, seni pahat, dan juga kerajinan tangan yang bekerja sama dengan masyarakat di kampung nya. Menurutnya, untuk mewujudkan semua itu perlu adanya bantuan serta perhatian dari pemerintah, karena aset tersebut yang akan menjadikan cirebon dikenal oleh seluruh warga indonesia dan bahkan negara negara lainnya.

0 coment: