BERAGAM KEBUDAYAAN INDONESIA Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansakerta adalah buddhi yang artinya akal. ...

BERGAM BUDAYA INDONESIA







Hasil gambar untuk budaya indonesia




BERAGAM KEBUDAYAAN INDONESIA
Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sansakerta adalah buddhi yang artinya akal. Budaya merupakan aspek atau elemen yang berkenaan bersama budi dan akal manusia. Indonesia yakni salah satu negeri yang mempunyai kebudayaan yang amat bermacam macam. Karena keanekaragaman budaya dan keunikan yang di punyai, indonesia jadi daya tarik bangsa lain dari belahan dunia yang mau ikut mengetahui nya bahkan mereka pula ikut mempelajarinya.
Indonesia ialah salah satu negeri di Asia Tenggara di mana membentang hamparan alam hijau yang indah permai,biru nya laut yang luas, dengan beraneka ragam tipe hayati yang mampu menciptakan tiap tiap orang terkesima. Tanah yang subur bersama beraneka ragam sumber daya alam yang ada dan nyaris seluruh bangsa di dunia membutuhkan nya.
Budaya adalah identitas bangsa yang mesti di hormati, di jaga,dan butuh di lestarikan agar supaya kebudayaan ini terus ada dan juga sanggup menjadi warisan anak cucu nanti. Budaya yang ada di Indonesia di namakan bersama Budaya Nasional.
Indonesia yaitu negeri yang mempunyai bahasa daerah terbanyak di dunia. Berdasarkan laporan penelitian The Summer Institute Linguistic,seperti yang di kutip dalam buku Pesona Indoonesia (2006) terdapat 726 bahasa daerah di seluruh wilayah nusantara. Namun bahasa yang menjadi dominasi di pakai jadi bahasa nasional. Dengan keanekaragaman tersebut sehingga di butuhkan adanya toleransi antar masyarakat.
Di indonesia terdapat lima sort agama berlainan yang di anut oleh warga Indonesia seperti yang di tertulis terhadap tahun 2010,tertulis jumlaj penganut agama kira kira 85,1% dari 240.271.522 warga negara Indonesia merupakan penganut agama Islam, 9,2% menganut agama protestan, 3,5% menganut agama katolik, 1,8% menganut agama hindu dan 0,4% menganut  agama buddha.
Bangsa Indonesia terdiri dari berbagai rupa suku bangsa. Di Indonesia ini terdapat lebih dari 300 suku bangsa. Contoh nya suku Bangsa Melayu, suku Bangsa Aceh, suku Bangsa Batak, suku Bangsa Minang kabau, suku Bangsa Kubu, suku Bangsa Betawi, suku Bangsa Sunda, suku Bangsa Banten, suku Bangsa Buduy, suku Bangsa Jawa, suku Bangsa Madura, suku Bangsa Sasak, suku Bangsa Bali, suku Bangsa Sumba, suku Bangsa Bima, suku Bangsa Manggarai, suku Bangsa Bajawa, suku Bangsa Repetition, suku Bangsa Ende, suku Bangsa Dayak, suku Bangsa Minahasa, suku Bangsa Banjar, suku Bangsa Toraja, suku Bangsa Bugis, suku Bangsa Ambon, suku Bangsa Ternary dan suku Bangsa Papua.
Berdasarkan penelitian tahun 2011,dari sisi makanan, rendang juga terdaftar juga sebagai makanan paling di sukai di dunia. Masih banyak lagi makanan dari berbagai macam daerah di Indonesia, seperti misal nya gado gado makanan khas dari daerah Jakarta, atau pempek sebagai makanan khas dari daerah palembang Sumatera Selatan.
Indonesia mempunyai berbagai rupa kebudayaan yang populer di dunia misalnya wayang kulit, seni batik, beraneka ragam jenis tari tarian, juga upacara kebiasaan yang di lakukan ketika orang menikah,atau ketika orang melahirkan, ketika orang meninggal atau wafat,dan berbagai macam macam kebiasaan adat istiadat lain nya.
Dalam industri permusikan juga Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri di karenakan Indonesia memiliki musik Dangdut yang hanya di miliki oleh negara Indinesia dan sudah diakui dan di oercaya dunia lewat UNESCO.
Kesenian daerah yang di punyai Indonesia juga beragam jenis. Diantaranya seni musik, seni tari, dan juga seni pertunjukan. Contoh nya sarana musik gamelan (Jawa), media musik calung dan angklung (Jawa Barat), alat musik gambang kromong (Betawi), alat musik kolintang (Minahasa), alat musik sasando (Kupang) dan masih banyak lagi alat musik lain nya.
Setiap daerah Indonesia ini mempunyai beragam lagu tradisional,seperti contoh nya lagu bubuy bulan yang berasal dari daerah Jawa Barat,lagu ilir ilir yang berasal dari daerah Jawa Tengah,lagu ampar pisang yang berasal dari  daerah Kalimantan Selatan, lagu Injit Injit semut yang berasal dari daerah Jambi, lagu soleram yang berasal dari daerah Riau, dan lagu lagu lain nya. Tidak Cuma itu, ada beragam jenis tarian dan seni pertunjukan  dari beraneka daerah di nusantara ini.
Indonesia juga mempunyai bangunan bangunan bersejarah seperti contohnya candi candi yang mempunyai ciri khas budaya dari daerah nya masing masing. Contoh nya Candi Borobudur yang sudah di percaya dan diakui  menjadi salah satu dari 7 keajaiban Dunia.
Ada beberapa warisan warisan budaya Indonesia yang mendunia,seperti berikut:

1. Wayang, wayang merupakan seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang dan biasanya di iringi musik gamelan dan suara merdu seorang pesinden. Kisah yang di ceritakan dalam lakon perwayangan biasanya berkisar tentang kisah para punakawan seperti Petruk,Semar,Bagong dan Gareng. Wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dari bangsa Indonesia pada tahun 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Bahkan kini sudah banyak warga negara asing yang turut mempelajari kesenian yang berasal dari tanah Jawa ini.
2. Angklung, angklung merupakan alat musik kesenian tradisional dari daerah Jawa Barat yang bernada ganda yang dimainkan dengan cara di goyangkan. Alat musik Angklung Indonesia telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari warisan dunia pada 19 Januari 2011.
3. Keris, keris adalah senjata tradisional dari Indonesia yangg di yakini mengandung kekuatan magis atau supranatural. Keris biasanya di gunakan oleh para anggota kerajaan sebagai senjata pusaka yang di tuakan. Keris sendiri sudah di gunakan di Indonesia sejak abad ke-9,keris terbuat dari logam berkualitas,bahkan untuk  keris kuno banyak ditemukan terbuat dari bahan logam meteor yang jatuh ke bumi
4. Tari Saman, tari saman merupakan tarian yang berasal dari suku Gayo yang biasa di tampilkan untuk merayakan peristiwa peristiwa penting dalam adat daerah setempat. Tarian saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik,karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan gerakan gerakan lain nya tanpa adanya pergeseran liuk liuk anggota tubuh lain dan kaki. Tari saman resmi diakui dan masuk dalam daftar warisan budaya tak benda yang memerlukan perlindungan mendesak UNESCO
5. Reog Ponorogo, reog ponorogo merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Timur. Sebagai daerah yang terkenal sebagai kota asal reog ponorogo gerbang kota ini dihiasi oleh dua sosok yang biasanya tampil dalam pertunjukan reog,yaitu sosok Warok dan Gemblak.
6. Tari Kecak, tari kecak merupakan tarian tradisional yang berasal dari Bali, tarian ini juga biasa juga sebagai tari “cak” atau tari Api. Tari Kecak adalah sebuah tarian yang biasanya dibawakan sebagai sendratari yang dipertunjukan massal dan tari hiburan yang didalam nya terdapat unsur drama. Tarian yang juga dianggap sebagai pemujaan dan upacara keagaman,tari kecak juga sakral dengan mempertontonkan kekebalan fisik para pemain nya yang tidak terbakar api. Menggunakan teriakan yang berbunyi “cak cak ke cak cak ke” sebagai musik pengiring sehingga tarian ini besar dengan nama Tari Kecak.
Beraneka ragam kebudayaan yang di miliki Indonesia menjadi kebanggaan semua bangsa dan bagi semua rakyat Indonesia untuk menjaga dan juga mempertahankan budaya lokal agar supaya tidak hilang maupun dipercaya bangsa lain. Dengan melestarikan budaya lokal kita mampu menjaga budaya bangsa dari pengaruh budaya Asing.



0 coment: