DEFINISI SENI MUSIK             Fungsi seni musik dapat digunakan sebagai alat untuk mengusir kejenuhan, mengekspresikan diri,...

DEFINISI SENI MUSIK





Hasil gambar untuk SENI MUSIK

DEFINISI SENI MUSIK
            Fungsi seni musik dapat digunakan sebagai alat untuk mengusir kejenuhan, mengekspresikan diri, hingga sebagai obat untuk menenangkan diri. Seni musik merupakan sebuah tuangan serta tenaga penggambaran yang berawal dari sebuah gerakan rasa yang dalam satu deretan melodi atau nada, yang memiliki irama. Lebih sederhananya seni musik adalah susunan suara yang mengandung irama, melodi, keteraturan, dan harmonisasi.
            Seni musik memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut antara lain musik tradisional, modern, dan musik kontemporer.
1.      Musik Tradisional
Musik ini biasanya merupakan warisan nenek moyang yang diturun menurunkan kegenerasinya. Musik tradisional masih menggunakan lirik bahasa daerah, tidak memiliki notasi, dan alat musik yang digunakan juga tradisional contohnya seperti gamelan, angklung, dan karawitan.
2.      Musik Modern
Seni musik yang sudah terakulturasi dengan teknologi dan budaya yang modern baik instrumen musik atau cara penyajian musik.
3.      Musik Kontemporer
Musik yang berkembang pada masa tahun 1990an. Musik ini memiliki ciri variasi nada yang kompleks, memiliki warna atau jenis bunyi, tempo, dan ritme yang bervariasi, sumber bunyi bervariasi tidak hanya dari musik instrumental.

            Unsur-unsur musik yaitu,
1.      Irama
Irama atau ritme merupakan panjang pendek dan tinggi rendah nada. Unsur irama merupakan unsur yang sangat penting dalam seni musik karena irama menentukan ketukan dalam bermusik.
2.      Melodi
Melodi adalah suatu bentuk-bentuk susunan bunyi yang berurutan dari tinggi ke rendah atau rendah ke tinggi. Melodi merupakan salah satu daya tarik dalam seni bermusik.
3.      Harmoni
Harmoni merupakan kumpulan perpaduan antara nada dan melodi yang memiliki keteraturan sehingga elok untuk didengarkan. Harmoni juga kerap dikenal sebagai acord untuk mengiringi musik.
4.      Birama
Birama adalah unsur ketukan dalam musik dengan waktu dan tempo ytang teratur. Ketukan birama biasa ditulis dengan 2/4, 2/3, ¾ dan masih bvanyak lagi.
5.      Tangga nada
Tanda nada merupakan unsur musik yang berbunyi atas nada yang tersusun berjenjang mulai dari nada dasar sampai nada tinggi yang merupakan unsur penting pada pertunjukan musik.
6.      Tempo
Tempo adalah ukuran kecepatan birama dalam lagu. Contohnya semakin cepat lagu dimainkan tempo dalam irama juga senakin cepat dibawakan. Tempo masih dibagi lagi menjadi beberapa unsur musik seperti largo, lento, adagio, andate, moderato, allegro, vivace, dan presto.
7.      Dinamika
Merupalan suatu tanda untuk memainkan nada yang berkaitan dengan volume sehingga menggunakan suara yang nyaring dan merdu untuk didengarkan. Unsur musik dinamika menjadi unsur musik yang paling utama untuk mengungkapkan ekspresi musik yang emosional seperti sedih, senang, dll.
8.      Timbre
Timbre atau warna bunyi merupakan kualitas dari bunyi musik. Misalnya alat musik gitar memiliki timbre yang berbeda degan alat musik drum walaupun alat musik tersebut dimainkan dengan tangga nada yang sama. Hal tersebut dapat terjadi karena setiap alat musik memiliki timbre yang berbeda-beda sehingga mempengaruhi bunyi yang keluar dari alat musik.
Macam-macam genre musik
1.      Klasik
Musik klasik memiliki nada dan harmonisasi yang begitu menarik dibandingkan dengan genre musik yang lain. Pembawaannya yang kalem, membuat pendengar merasa rileks dengan jenis musik ini.
2.      Blues
Musik satu ini merupakan musik yang berkembang di Amerika. Genre ini tercipta dari sebuah konotasi perasaan melankolis dan frustasi. Jenis musik ini kerap digunakan sebagai musik pujian dan spiritual.


3.      Jazz
Musik jazz memiliki banyak penggemar di Indonesia. Musik yang lahir di Amerika sejak abad ke 60 ini didominasikan dengan alat musik biola, piano, saksofon, bass, gitar, terompet dengan lirik yang begitu mendalam. Melalui genre musik jazz banyak musisi yang terkenal dan menduia.
4.      Funk
Musik satu ini merupakan penggabungan antara musik jazz, rythm, dan blues. Mulai berkembang sejak tahun 1996 di Amerika. Musik ini memiliki nada gitar yang mendominasi diselingi dengan drum dan musik yang terpotong-potong sehingga membuat alunan yang gembira untuk berdansa.
5.      Reggae
Musik reggae memiliki khas ritme yang backbeat dan progresi kord yang terb ilang mudah. Di Amerika, musik yang kerap dinikmati dengan jogetan ini sukses menarik minat pendengar melalui jenis musik yang menggambarkan kebebasan, jiwa muda, dan ekspresi pembrontakan.
6.      Hip-hop
Musik hip-hop memiliki paduan nada dan ritme yang unik sehingga cocok untuk dipadukan dengan musik rap. Mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat pada tahun 1970 di Amerika. Banyak musisi terkenal yang terlahir dari aliran musik ini.
7.      Pop
Musik pop berasal dari kata “populer” merupakan genre musik yang paling mudah didengar dan memiliki banyak peminat. Pada awalnya sekitar tahun 1920 musik pop hanya digunakan sebagai musik pengiring tarian. Hingga tahun1980 musik pop telah mendunia telah memiliki banyak penggemar.
8.      Rock
Genre musik rock merupakan perpaduan dari rythm, jazz, blues, country. Dengan alat musik drum, bass, gitar, yang mendominasi musik ini sudah memiliki submusik rock yang lainnya. Seperti softrock, hardrock, hingga funk rock.





9.      Dangdut
Musik dangdut merupakan macam-macam genre musik yang berasal dari Indonesia. Genre musik ini merupakan perpaduan antara musik India dan Melayu dengan sentuhan campursari. Seiring dengan perkembangan jaman musik dangdut saat ini telah mendunia dan bukan lagi menjadi musik yang haya dinikmati oleh kalangan menengah kebawah. Saat ini musik dangdut telah berkembang dengan diiringi oleh alat musik modern seperti gitar, bass, hingga drum namun tidak meninggalkan alat musik ciri khasnya yaitu kendang dan seruling



0 coment: