KESENIAN DAERAH CIREBON             Cirebon merupakan salah satu wilayah dengan bentuk kabupaten yang termasuk dalam wilayah...

KESENIAN DAERAH CIREBON




Hasil gambar untuk kesenian cirebon


 KESENIAN DAERAH CIREBON
            Cirebon merupakan salah satu wilayah dengan bentuk kabupaten yang termasuk dalam wilayah Propinsi Jawa Barat yang memiliki pusat pemerintahan di Kota Cirebon. Seperti halnya daerah lain yang ada di Indonesia, Cirebon juga memiliki kebudayaan sendiri yang unik dan berbeda dari daerah lainnya dimana kebudayaan tersebut telah diwariskan secara turun meurun dari generasi ke generasi, kebudayaan khas Cirebon juga dilestarikan dengan baik oleh masyarakatnya.
Kebudayaan yang dimiliki Cirebon, antara lain berupa tarian, kesenian musik, dan berbagai jeis kebudayaan lainnya yang kesemuanya sangat menarik dan sangat indah untuk dinikmati, beberapa jeis kebudayaan yang dimiliki Cirebon yaitu,
1.      Tari Topeng
Salah satu kesenian yang ada di Kota Cirebon adalah Tari Topeng yang dikenalya yang mana sesuai dengan namaya, sang penari akan mamakai toperng, seni tari ini pada awalnya adalah sabuah alat diplomasi yang digunakan ketika kerajaan Cirebon sedang berperang melawan kerajaan Karawang, sang penari dalam tarian topeng ini akan mengganti topengnya sesuai dengan karakter yang dibaawakan.
2.      Sintren
Kebudayaan kedua yang dimiliki oleh Cirebon adalah berupa sebuah kesenian tari yang dikenal dengan nama tari sintren yang dimana seni tari ini memiliki unsur magis, pada awal pertunjukan seni tari, sang penari akan diikat dari mulai leher hingga ujung kaki kemudian dimasukan kedalam sebuah kurungan yang ditutup dengan kain namun setelah itu ternyata sang penari dapat membebaskan diri dari ikatan tersebut.
3.      Kesenian Gembyung
Selanjutnya adalah kesenian yang bernama gembyung dimana kesenian ini merupakan salah satu peninggalan dari para wali yang menyebarkan agama islam di Cirebon. Kesenian Gembyung merupakan salah satu bentuk pengembangan dari kesenian terbang dan sering ditampilkan dalam acara keagamaan yang ada di Cirebon.
4.      Gejring Rudat
Kesenian ini dikenal oleh masyarakat Cirebon dengan adanya sebuah kesenian yang bernama genjring rudat dimana kesenian ini merupakan sebuah kesenian yang berkembang dilingkungan pesantren. Jenis alat musik ini biasanya digunakan dalam kesenian genjring rudat antara lain adalah genjring dan bedug, terbang yang biasanya diiringi olehpujian kepada Allah SWT.


5.      Angklung Bungko
Kesenian ini terkenal dikesenian Kota Cirebon yang dikenal dengan nama Angklung Bungkop yang mana sering kali dipentaskan dalam acara-acara adat diantaranya, nyadran, ngunjung buyut, dan lain-lain. Dalam kesenian angklung bungko ini sang penari akan mementaskan berbagai tarian seperti tari panji, benteleye, dll.
            Cirebon merupakan salah satu daerah di pulau jawa khusunya jawa barat yang kaya akan seni budaya yang masih terus dijaga kelestariannya. Maka dari itu kita wajib meurunkan kesenian kesenian itu kepada anak cucu kita dan mewarisnya. Kita sebagai generasi penerus bangsa wajib mewariskan dan mengembangkan mungkin hingga manca negara untuk indoesia yang lebih maju akan keseniannya.
            Upaya kita hanya seperti itu dan wajib kita lakukan untuk bangsa indonesia yang kaya akan keseniannya. Matri kita rawat, kita jaga, kita lestarikan kesenian khas tradisional kita agar tidak direbut atau diambil alih oleh bangsa lain dan jauhkan kesenian kesenian kita dari orang yang kurang bertanggung jawab akan ilmunya kelak.

0 coment: