DEFINISI SENI TARI             Seni tari merupakan sebuah seni yang mempelajari tentang gerak tubuh berirama yang dilakukan pa...

DEFINISI SENI TARI



Hasil gambar untuk SENI TARI



DEFINISI SENI TARI
            Seni tari merupakan sebuah seni yang mempelajari tentang gerak tubuh berirama yang dilakukan pada saat tertentu. Biasanya kita sering menyaksikan pementasan seni tarian baik itu tradisional maupun modern. Bahkan, perkembangan teknologi pun dapat mebuat kita belajar mengenai seni tari secara mendalam. 
            Belakangan, seni gtari kembali digalakan setelah sekian lama tidak terdengar. Berkembang nya seni ini bisa dilihat dari eskul disekolah sehingga membuat regenerasi dari para penari. Dalam sebuah seni tari biasanya terdiri dari berbagai macam jenis tari. Diantaranya adalah tari tunggal, berpasangan kelompok, dan kolosal. Tari tuggal biasanya diperagakan oleh satu orang, sedangkan untuk tari berpasangan duperagakan oleh dua orang. Jika penari lebih dari dua orang bisa disebut dengan tari kelompok. Dedangkan untuk tari kolosal merupakan tari yang diperagakan lebih dari banyak kelompok.
            Sejarah seni tari di Indonesia
1.      Era Primitif
Sebelum adaya kerajaan di Indonesia, tarian dipercaya sebagai sebuah daya magis nan sakral. Sehingga tercipta tarian yang digunakan berdasarkan kepercayaan mereka. Salah satunya tari hujan, ekorsisme, kebangkitan dll. Penciptaan tari ini didasari serta diilhami dari gerakan alam serta meniru gerakan makhluk hidup.
2.      Era Hindu Budha
Mulai dari era Hindu Buddha, sebuah tarian mulai memiliki standarisasi serta patokan, karena ada sebuah literatur tentang seni tari. Literatur kesenian tari ini dikarang oleh Bharata Muni dengan judul Natya Sastra yang membahas 64 jenis gerakan tangan mudra.
3.      Era Islam
Dengan dibaginya kerajaan Mataram Islam, kedua kerajaan ini mulai menujukan identitas mereka lewat seni tari. Sehigga, tarian yang ditampilkan bisa menjadi sebuah ciri khas dan identitas dari masing-masing kerajaan.
4.      Era Penjajahan
Salah satu contoh tarian yang diilhami dari perjuangan rakyat masa pejajahan adalah tari Prawiroguno. Tarian ini merupaka tarian yang berasal dari Jawa Tengah dan menggambarkan gagahnya prajurit pada masa itu. Prajurit dalam tarian ini menggunakan senjata serta tameng sebagai alat untuk melindungi diri.
5.      Era setelah Merdeka
Tarian ini juga berkembang saat ini sebagai sebuah hiburan. Selain itu, saat ini sudah banyak sekali aak muda yang tertarik dengan dunia tari.

Unsur seni tari
1.      Jenis gerakan
Dalam sebuah pementasan tari, gerakan tentu menjadi poin penting yang harus ditunjukan. Bahkan, beberapa gerakan tari ini memiliki aturan baku yang tentu memiliki nilai tersendiri. Sehingga emosi serta ekpresi dan penari bisa ditampilkan dengan tepat.
2.      Musik
Alunan musik biasanya dimainkan meggunakan instrumen maupun suara yang muncul dari anggota tubuh. Seperti tari kecak  yang diiringi suara manusia. Biasanya sebuah musik dapat memberikan kesan tersendiri serta meunjukan identitas dari daerah asal tarian tersebut.
3.      Kostum
Kostum menjadi identitas sekaligus lambang dalam sebuah tarian. Aksesoris yang ada dalam sebuah kostum tari bisa menjadi simbol tertentu yang berkaitan dengan tarian. Sehingga sebuah kostum tari harus menunjuka sebuah ilai keindahan atau estetika sehingga dapat menunjang penampilan seni tari.

Fungsi seni tari
1.      Sarana hiburan
Tarian merupakan karya seni yang memiliki nilai estetika tinggi. Sama seperti karya seni lainnya, tarian juga menjadi kesukaan bayak orang tidak hanya dari pecinta seni tetapi juga dari masyarakat awam. Sehingga, timbul fungsi seni tari sebagai sarana hiburan.
2.      Sarana bergaul
Fungsi seni juga bisa sebagai media dalam pergaulan. Bergaul merupakan hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Sehingga dengan bergaul dapat memupuk kerukunan dan persatuan antar sesama manusia. Berbagai latar belakang mausia disatukan dalam sebuah pertunjukan tari, baik itu sebagai penonton maupun sebagai penari.
3.      Sarana upacara sakral
Fungsi tari sebagai sarana upacara adat maupun upacara keagamaan. Di sisi lain, tarian juga bisa menjadi sarana mengajarkan nilai-nilai kebaikan. Tarian sebagai sarana upacara sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan sejak jaman sebelum adanya kerajaan di Indonesia.  


0 coment: