Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Indonesia. Ibu kota dari provinsi Jawa Barat ini adalah kota Bandung. Pada waktu ...

KESENIAN DAN KEBUDAYAAN JAWA BARAT



Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang terletak di Indonesia. Ibu kota dari provinsi Jawa Barat ini adalah kota Bandung. Pada waktu zaman penjajahan Belanda, kota ini merupakan kota tempat peristirahatan orang-orang Belanda yang tinggal di Batavia atau Jakarta sekarang. Menurut sejarah, provinsi Jawa Barat adalah provinsi pertama yang dibentuk di wilayah Indonesia. Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumlah populasi terbanyak di Indonesia, pada tahun 2000 provinsi Jawa Barat di mekarkan dengan berdirinya Provinsi Banten.

Provinsi Jawa Barat berada di bagian Pulau Jawa, wilayahnya berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, Jawa Tengah disebelah Timur, Samudera Hindia disebelah selatan, serta Banten dan DKI Jakarta di sebelah barat. Titik tertingginya Provinsi Jawa Barat ini adalah Gnung Ciremai, yang berada di sebelah barat daya kota Cirebon. Sungai-sungai yang cukup penting adalah Sungai Citarum dan Sungai Cimanuk, yang bermuara di Laut Jawa.

Sejarah Jawa Barat diawali sejak awal kemerdekaan bangsa Indonesia. Provinsi Jawa Barat ini ditetapkan oleh PanitiaPersiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dua hari setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia bersama provinsi yang lainnya. Ketujuh provinsi tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sunda Kecil, Sulawesi, dan Maluku.

Dari penelitian dan bukti-bukti yang ditemukan yang berasal dari 600.000 tahun yang lalu, diperjirakan bahwa provinsi Jawa Barat telah dihuni sejak tahun baru tersebut. Tetapi adanya kehidupan manusia baru diketahui sejak tahun 2000 sebelum masehi, yaitu pada saat terjadi migrasi besar dari kawasan selatan Cina ke wilayah Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Pada awal masehi, penduduk Jawa Barat sudah menjalin hubungan dengan dunia luar sehingga pengaruh kebudayaan luar mulai masuk, seperti kebudayaan Hindu. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya prasasti-prasasti dari zaman itu, misalnya prasasti yang ditemukan di daerah Ciaruteun, Bogor. Dari prasasti itu diketahui bahwa telah berdiri kerajaan bernama Tarumanegara dengan rajanya, Purnawarman.

Prasasti yang ditemukan berikutnya bernama prasasi Sanghyang Tapak. Prasasti ini ditemukan di kampung Pengcalihan dan Bantar Muncang, ditepi sungai Citatih, Sukabumi. Prasasti tersebut menunjukan bahwa pada tahun 1035 berdiri kerajaan sunda yang diperintah oleh Maharaja Sri Jayabhupati Jayamahen Wisnumurti Samarawijaya Sakalabhuwanamandales Waranindita Haro Gowardhana Wikramatunggadewa. Selain Kerajaan Tarumanegara dan Sunda Pajajaran, di Jawa Barat juga terdapat Kerajaan Galuh.

Pada tahun 1357, terjadi peristiwa Bubat yaitu perang antara Raja Sunda dan Patih Majapahit (Gajah Mada). Pasukan Majapahit, yang saat itu berada dibawah pimpinan Patih Gajah Mada berhasil menaklukan Pajajaran dalam perang Bubat tersebut. Pada tanggal 16 Januari 1904, seorang tokoh perempuan bernama Raden Dewi Sartika membuka sekolah untuk anak-anak gadis di Bandung. Sekolah tersebut berdiri berkat dukungan yang diberikan oleh Bupati Martanegara. Sejak saat itu, pendidikan di Bandung, khususnya untuk perempuan, terus berkembang. Dewi Sartika merupakan tokoh yang sangat memperhatikan kemajuan pendidikan pada masanya.

 ALAT MUSIK JAWA BARAT

1. Kendang
Berbahan dasar kayu yang dilapisi kulit, kendang digunakan dalam kesenian degung.

2. Kulanter
Sejenis kendang, namun ukurannya lebih kecil. Fungsi dari kulanter adalah untuk mengiringi kendang.

3. Goong
Goong terbuat dari tembaga yang di cat dengan warna emas. Goong digantung pada kayu dengan tali dan menghasilkan nada gaung. Goong biasanya digunakan untuk menandai lagu atau tembang pada degung.

4. Jengglong
Hampir sama dengan goong, namun acaranyalebih kecil danjumlahnya lebih banyak. Dalam satu gantungan biasanya jengglong berjumlah 6 buah. Nada yang dihasilkan lebih ringan daripada goong dan biasanya digunakan untuk membatasi bait dan nada.

5. Bonang
Terbuat dari tembaga, bentuk bonang ini mirip dengan jengglong namun ukurannya lebih kecil dan lebih banyak. Cara memainkannya menggunakan dua tangan dan disusun rapi pada papan kayu tidak digantung seperti goong dan jengglong.

6. Saron atau Peking
Terbuat dari tembaga yang dibentuk kecil dan pipih dengan ukuran yang berbeda dan disusun berdasarkan titi nada. Saron atau peking ini biasanya digunakan sebagai melodi dalam degung.

7. Gambang
Bentuknya sama seperti saron, tetapi gambang memiliki ukuran yang lebih besar. Pada sebuah pertunjukkan band, gambang berfungsi sama dengan bass.

8. Calung
Calung adalah alat musik sunda yang hampir sama dengan angklung, yang membedakannya adalah cara memainkannya. Jika angklung di mainkan dengan cara digetarkan, calung dimainkan dengan cara dipukul. Calung memiliki tangga nada pentatonic (da-mi-na-ti-la). Bambu yang digunakan untuk membuat calung biasanya aadalah awi wulung atau bambu. Pengertian calung selain sebagai alat musik juga melekat dengan sebutan seni pertunjukan. Ada dua jenis calung sunda yang dikenal, yakni calung rantay dan calung jinjing.

 ALAT MUSIK TIUP

1. Suling
Suling merupakan salah satu instrumen dari keenian gamelan. Suling memiliki peranan yang paling penting sebagai melodi pada gamelan.

 ALAT MUSIK GETAR

1. Angklung
Angklung merupakan alat musik khas Jawa Barat yang paling terkenal. Angklung terbuat dari bahan dsar bambu kecil yang dibentuk dan disusun sedemikian rupa sehingga menghasilkan suara yang khas.

2. Karinding
Alat musik ini terbuat dari bambu yang dipahat dan dibentuk tipis, cara memainkannya cukup unik yaitu diletakan dimulut tetapi tidak ditiup melainkan digetarkan untuk menghasilkan suara khas karinding yang unik.

 SENI TARI JAWA BARAT

1. Tari Topeng Putri
Tari ini merupakan salah satu tarian khas dari Provinsi Jawa Barat, disebut tari topeng karena penarinya menggunakan topeng pada saat menari. Tari topeng banyak sekali ragamnya, dan mengalami perkembangan dalam hal gerakan, maupun cerita yang ingin disampaikan.

2. Tari Dewi
Tari ini merupakan tari klasik masyarakat sunda. Tari ini sudah banyak dikenal sejak tahun 1990-an.

3. Tari Graeni
Tarian ini merupakan salah satu tarian yang berasal dari daerah Jawa Barat, tari graeni ini dimainkan dengan properti keris.

4. Tari Jaipong
Tari jaipong ini terlahir dari seniman asal Bandung yang bernama Ggum Gumbira, sebagai seni pertunjukan rakyat, kesenian ini hanya didukung oleh unsur-unsur sederhana, seperti waditra yang meliuti rebab, kendang, dua buah kulanter, tiga buah ketuk, dan goong.

5. Tari Merak
Tari merakmerupakan tarian yang menggambarkan kehidupan burung merak yang mempunyai keanggunan, keindahan dan kelincahan. Tari ini adalah tarian yang dimainkan oleh wanita. Tari merak adalah tari klasik sunda yang menyimbolkan kecantikan alam.

6. Tari Rampak Gendang
Tari ini adalah kesenian tari yang memadukan suara kendang yang dinamis dengan musik gamelan salendro yang bersifat ceria. Pemain kendang terdiri atas 6 orang, sedangkan nayaga terdiri atas 7 sampai 10 orang.

7. Tari Topeng Losari
Tari topeng Losari adalah tarian yang berasal dari daerah Losari Jawa Barat, biasanya menjadi seni pertunjukan pada acara hajatan, khitanan, atau sebagai tari hiburan rakyat.

0 coment: