PENGARUH KESENIAN TERHADAP KEHIDUPAN                         Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimi...

PENGARUH KESENIAN TERHADAP KEHIDUPAN




Hasil gambar untuk KESENIAN TERHADAP KEHIDUPAN


PENGARUH KESENIAN TERHADAP KEHIDUPAN

           
            Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi kegenerasi. Budaya terbentuk dari banyak unsure yang rumit, termasuk system agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni. Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian takterpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secaragen etis.

            Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang  yang berbada budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari. Hal ini menegaskan bahwa budaya sangat mempengaruhi perilaku manusia. Ada beberapa unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah kebudayaan sangat penting untuk memahami kebudayaan manusia.

            Kluckhon dalam bukunya yang berjudul Universal Categories Of Culture membagi kebudayaan yang ditemukan pada semua bangsa didunia dari system kebudayaan yang sederhana seperti masyarakat seluruhnya. Ada 7 unsur kebudayaanyaitu :
1.      System PencaharianHidup
            Mata pencaharian atau aktivitas ekonomi suatu masyarakat menjadi focus kajian penting etnografi. Penelitian etnograf imengenai system pencaharian mengkaji bagaimana cara mata pencaharian suatu kelompok masyarakat atau system perekonomian mereka untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.
 2.      System PeralatandanTeknologi
            Peralatan dan perlengkapan hidup merupakan semua sarana dan prasarana yang digunakan oleh manusia atau masyarakat dalam setiap proses kehidupan terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup.







3.      System Organisasi Kemasyarakatan
            Unsur budaya berupa system kekerabatan dan organisasi social merupakan usaha antropologi untuk memahami bagaimana manusia membentuk masyarakat melalui berbagai kelompok social. Menurut Koentjaraningrat tiap kelompok masyarakat kehidupannya diatur oleh adat istiadat dan aturan-aturan mengenai berbagai macam kesatuan didalam lingkungan dimana dia hidup dan bergaul dari hari ke hari.

a.       System Kekerabatan Bilateral
      Kekerabatan yang menghitung garis keturunan dari dua pihak, yaitu dari pihak ayah dan ibu secara seimbang atau bersama-sama.

b.      System Kekerabatan Unilateral
      Kekerabatan yang menghitung garis keturunan dari satu pihak, yaitu dari pihak ibu saja yang disebut system matrilineal atau dari pihak ayah yang disebut patrilineal.

c.       System KekerabatanAmbilineal
      Kekerabatan yang menghitung garis keturunan dari pihak ayah dan pihak ibu secara bergantian.

4.      System Pengetahuan
            Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan. Pengetahuan merupakan segala sesuatu yang dapat diketahui, diterima dan dipahami oleh manusia dalam penggunaan panca indranya. Setiap masyarakat, tidak mungkin hidup tanpa pengetahuan tentang alam sekitarnya dan sifat-sifat dari peralatan hidup yang mereka pakai.

5.      System Bahasa
            Bahasa merupakan sarana bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan sosialnya untuk berintraksi atau berhubungan dengan sesamanya. Dalam ilmu antropologi, studi mengenai bahasa disebut dengan istilah antropologi linguistic.








6.      System Kesenian
            Perhatian ahli antropologi mengenal seni bermula dari penelitian etnografi mengenai aktivitas kesenian suatu masyarakat tradisional. Deskripsi yang dikumpulkan dalam penelitian tersebut adalah benda-benda atau artefak yang memuat unsur seni, seperti patung, ukiran, dan hiasan. Kesenian secara umum dapat dibedakan menjadi :

a.       Seni Rupa, yaitu kesenian yang dapat dinikmati secara visual atau dilihat.
b.      Seni Suara, yaitu kesenian yang dapat dinikmati secara didengar.
c.       Seni Drama, yaitu kesenian yang dapat dinikmati secara dilihat dan didengar.

7.      System Religi dan Upacara Keagamaan
            Fungsi religi bagi masyarakat adalah adanya pertanyaan mengapa manusia percaya kepada adanya suatu kekuatan gaib atau supranatural yang dianggap lebih tinggi dari pada manusia dan mengapa manusia itu melakukan berbagai cara untuk berkomunikasi dan mencari hubungan-hubungan dengan kekuatan-kekuatan supranatural tersebut.

0 coment: